ANANTA SEROTONIN


Ananta yang berarti tak terhingga dalam istilah matematika. Dan serotonin adalah kunci hormon kebahagiaan, mengatur suasana hati, dan mencegah depresi pada diri. Illustrasi tulisan saya kali ini adalah obat pencegah depresi yang tak terhingga. Ungkapan “Ananta serotonin” yang saya maksud adalah support system saya yaitu keluarga, sahabat, dan orang terdekat saya. Dimana mereka mempunyai peran yang sangat penting dalam kesembuhan diri saya. Mereka menjadi obat yang tak terhingga dalam menciptakan kebahagiaan dan mencegah depresi saya.

Bagi penderita depresi mayor seperti saya obat-obatan yang diberikan oleh psikiater cukup berarti tetapi, semesta menanugrahkan obat depresi yang tidak terhingga yaitu support system saya. Obat ini adalah obat yang paling berpengaruh dalam proses penyembuhan diri saya. Dalam depresi setiap orang memiliki treatment yang berbeda beda dalam proses penyembuhan bagi dirinya. Tapi untuk saya support system merupakan obat alami, yang “harganya paling paling mahal”. Secara matrealistik harganya paling murah tetapi secara value harganya tak terhingga sama seperti ilustrasi “ananta” yang telah saya katakan.
Secara kata-kata peran yang mereka lakukan sangat simple. Mereka hanya mendengar, dan memberi masukan. Tetapi secara implementatif sangat berat. Mereka harus memikul beban empati yang sangat tinggi untuk bisa mendengarkan dan memberi masukan dengan sepenuh hati. Beban empati yang mungkin beratnya dapat menarik mereka sendiri dan terjebak dalam pusaran kesedihan sang penderita depresi. Tetapi apabila yang mereka lakukan hanya sekedar mendengar dan memberi masukan tanpa mau memikul beban empati, mereka malah dapat memperburuk keadaan si penderita.

 Support system merupakan asset yang paling berharga bagi saya. Karena mereka merupakan kunci dari obat depresi yang harus saya konsumsi setiap harinya. Beban empati yang mereka korbankan untuk saya adalah segalanya. Meskipun  itu yang tersurat tapi tidak tersirat. Setiap kata yang mereka dengungkan  menenangkan saya. Saya yang merasa berbeda, saya yang merasa tenggelam dan tercekik dalam lubang hitam mereka bantu untuk menarik saya dan melepaskan cekikan itu, walaupun konsekuensinya mereka akan tenggelam juga.


Aku Tenang (by: Fourtwnty)
(Direkomendasikan untuk sambil mendengarkan lagu ini)

Denganmu tenang
Tak terfikir dunia ini
Karnamu tenang
Semua hayal, seakan kenyataan
Berlari lari ditaman mimpiku
Imajinasi t'lah menghanyutkanku
Mimpiku sempurna tak seperti orang biasa
Karnamu tenang
Semua hayal, seakan kenyataan
Berlari lari ditaman mimpiku
Imajinasi t'lah menghanyutkanku
Mimpiku sempurna tak seperti orang biasa
Aku... Berbeda
Aku... Berbeda
Berlari lari ditaman mimpiku
Imajinasi t'lah menghanyutkanku
Mimpiku sempurna tak seperti orang biasa
Fikirkan indah tentang surga
Seakan akan disana
Berkhayal semua tentang jiwa
Ku tenang

Ada suatu ketenangan batin yang luar biasa ketika mendengar apa yang dikatakan mereka. Hal yang tak mampu saya ungkapkan tapi bisa saya rasakan. Keadaan mereka yang mau menerima saya apa adanya, walaupun saya berbeda. Melebur dengan sifat ego saya. Dan mengorbankan diri di ambang batas kesabaran. Mereka membuat saya lebih menghagai diri saya lebih dari diri saya sendiri.

Rasanya tak cukup kata untuk berterima kasih kepada mereka yang sudah mengorbankan sisi ambang batas kesabarannya untuk mendengarkan dan memberi masukan kepada saya. Terkadang keluhan yang saya rasakan tidak sekedar hitam dan putih. Tetapi mereka mau memasuki diri mereka, mengorbankan untuk masuk ke labirin pemikiran saya yang terkadang tidak ada jalan keluarnya. Karena apa yang saya rasakan memang seperti itu. Saya memiliki labirin pemikiran yang gelap dan hitam dan tidak mempunyai jalan keluar.
Bagi penderita depresi mayor seperti saya mendapatkan seorang pendengar dengan empati adalah suatu karunia luar biasa yang semesta limpahkan pada diri saya. Dan sungguh sangat menyakitkan apabila karunia tersebut menghilang. Dari tulisan ini saya ingin menggambarkan bahwa menjadi support system bagi penderita depresi tidaklah mudah tapi sangat sangatlah berharga.

Saya tidak tahu lagi betapa berharganya mereka untuk saya. Dan saya tidak tahu cara untuk berterima kasih, maka dari itu saya membuat tulisan ini sebagai appresiasi dan rasa syukur saya memiliki mereka sebagai support system saya. Disini saya juga mengajak teman teman untuk menjadi support system bagi penderita depresi lainnya. Luangkan waktu untuk mendengarkan cerita, berikan empati, dan korbankan kesabaran. Jadikanlah diri kalian sebagai pribadi yang sangat berharga dan berpengaruh dikehidupan orang lain.

Postingan Populer